Sabtu, 23 Mei 2015

Pramassila Goes to Sos.Com III: (Part 3: The Content of Sos.Com III)



Bismillahirrahmanirrahiim

Salam Pramuka!!

Well, tetap sehat dan bersemangat, kan, Sahabat Pramassila? Yuk, kali ini kami sharing berbagai lomba dalam Sos.Com III.
Dalam juknis disebutkan ada beberapa aspek perlombaan yang meliputi 14 jenis lomba. He, banyak bingit, kan? Dan pastinya juga asyik, lhoh!
Nah, kali ini kami kasih bocoran siapa untuk lomba apa ya! Kalau tentang hasilnya, menyusul setelah eventnya aja, hehe..


  1. Lomba web-blog adalah lomba yang menginspirasi kami membuat blog ini. Hihi, meski ide untuk membuat blog buat sanggar tercinta kami ini sudah dulu bingit, tapi gak ada yang mecut ya gak jalan-jalan, kan? Alhamdulillah, akhirnya ada Sos.Com 3 yang menjadi motivasi sehingga blog ini akhirnya jadi. Kalaupun agak sedikit terlambat buatnya ya, maklum, aja! Karena ini itu, jadinya blog ini agak tertunda. Tapi insyaAllah, setelah lomba ini pun blog ini bermanfaat sebagai wadah segala kreatifitas kami dan syukur Alhamdulillah kalau bisa menjadi salah satu wadah info especially tentang kepramukaan. Semoga web-blog ini bisa dapat skor yang tinggi ya! ^^v 
  2.  Lomba Cerdas Cermat Kepramukaan. Arek Pramassila yang mewakili lomba ini adalah Amala dan Husna (Regu Melati), Hermanto dan Bahrul (Regu Singa). Materi ceras cermat berdasar juknis adalah tentang; Biografi Baden-Powell, Scouting for Boys, Pengetahuan kepramukaan, Berkemah, Pengetahuan Lalu Listas dan Survival. Banyak bingit, ya? Woles, aja! Hehe, insyaAllah Arek Pramassila juga sudah mempersiapkan dengan matang dan belajar dari Boyman. Oh ya, material untuk lomba ini adalah whiteboard n boardmarker. Jadi cerdas cermatnya kayak di tipi-tipi, gitu! :)
  3. Lomba KIM. Tau ya, Lomba Kemampuan Indra Manusia yang disingkat KIM. Ini adalah lomba petualangan yang petunjuknya berpedoman pada indra yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Well, bisa juga merupakan bentuk syukur kita atas nikmat Tuhan berupa kesehatan indra kita. Untuk lomba ini, wakil dari Pramassila adalah Bahrul dan Rofik (Regu Singa), Izzah dan Lisfina (Regu Melati)
  4. Lomba Sandi Morse dan Sandi Semaphore. Kalau dulu Morse dengan peluit, sekarang hampir mirip dengan semaphore, morse pun menggunakan bendera untuk petunjuknya. Bendera yang digunakan dalam sandi Morse adalah bendera hitam-putih berukuran 60 cm x 90 cm  Dan bendera kuning merah berukuran 30 cm x 30 cm untuk semaphore. Wakil Pramassila dalam isyarat bendera ini adalah Ning dan Rukmana (Regu Melati), Hermanto dan Ahmad (Regu Singa)
  5. Lomba Karya Adiwiyata. Dengan bertema Karya Ramah Lingkungan dan Tanpa Listrik, Ade dan Farid (Regu Singa) serta Dinda dan Refa (Regu Melati) berkarya dengan terampil dan telaten sekreatif mungkin untuk membuat karya adiwiyata. Ingin tahu hasilnya? He…. Tunggu di postingan kami setelah eventnya ya. :) 
  6.  Lomba Hula Hoop. Yey, bermain kelincahan hula hoop itu menyenangkan, lho! Hehe, bagi yang punya skill tentunya. Dan wakil Pramassila yang lihai adalah Imam (Regu Singa) dan Dinda (Regu Melati). Material hula hoop-nya adalah rotan yang berdiameter 76 – 100 cm. Ehm, ini yang medium size, ya. Ada juga lho hula hoop yang small dan large. Dalam Sos.Com III, lagu pengiringnya adalah Goyang dumang-nya mbak Cita Citata dan Trouble is A Friend-nya teteh Lenka. Wahhhh, seru nih kayaknya! Penasaran! Semangat ya, Sist Dinda dan Bro Imam!! 
  7.  Lomba Kreasi Bivak. Simply, Bivak adalah tenda darurat. Nah, karena darurat, material dalam Lomba Kreasi Bivak ini 100% haruslah bahan alam; bisa; dahan, ranting, dedaunan, batu, dll. Ukuran kavling untuk kreasi bivak nanti adalah 3x2 meter. Semoga Farid dan Anam (Regu Singa) serta Faiza dan Putri (Regu Melati) sukses, ya… 
  8.  Lomba Sandi-sandi. Syarat dalam lomba Sandi-sandi ini adalah dengan menggunakan bolpoin biru J. Sandi-sandinya adalah yang berpedoman dari Boyman 2013. Semangat, ya Bro Hermanto (Regu Singa) dan Sist Ning (Regu Melati) 
  9.  Lomba Karikatur Adiwiyata. Hampir mirip dengan Lomba Karya Adiwiyat, karikatur Adiwiyata ini juga bertema alam. Tema lebih tepatnya: SMANEB Cinta Alam dan Peduli Lingkungan. J Untuk urusan karikatur ini, Pramassila percaya kepada Lisfina dan Amala (Regu Melati) serta Anam dan Farid (Regu Singa) 
  10.  Lomba Kreasi Lagu Pramuka. Sini sini yang mempunyai suara merdu!! Lhah, kok semua arek Pramassila bersuara yuhui, ya! Hehe, tapi ini buat Bro Farid (Regu Singa) dan Sist Putri (Regu Melati) saja ya. Format lomba kreasi lagu ini, selain dikumpulkan dalam bentuk mp3, peserta juga harus menyanyi secara live di depan juri. Asyik, dah! 
  11.  Lomba Kreasi Out-bond. Kreasi out-bond ini terdiri dari tiga unsur: briefing, pelaksanaan, dan de brief. Serunya, kreasi outbond ini harus direkam. So, Bro Ade (Regu Singa) dan Sist Refa (Regu Melati) siap-siap jadi artis dan gak boleh demam kamera ya! Hihi.. 
  12.  Lomba Yel-yel. Nah, ini seruuuuu, bingittt!! Rame karena dilakukan satu regu! Yel-yel variatif (namun sopan dan bebas sara) tanpa tongkat. Semangat, Singa dan Melati!! 
  13.  Lomba LKBBT. Ini juga harus seru dan kompak! Lomba Keterampilan Baris-berbaris Bertongkat. Ada materi yng menjadi pedomannya dan peserta harus melaksanakan instruksinya dengan tepat.Sip! Siap!!!!!


Huwaaaa……semangat!! Semoga lancar semua, ya!

Salam Pramuka!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar